Profesi di Dunia e-sport

Ini dia 10 Kesempatan Karir profesi di Dunia e-sport

Dunia e-sport

Ini dia 10 Kesempatan Karir profesi di Dunia e-sport – Dalam dunia e-sport, profesi yang paling masyarakat sorot adalah pemain game profesional. Hal tersebut wajar sebab eksistensi gamer di bidang ini penting. Malah, banyak dari pemain yang berhasil mendapatkan gaji hingga puluhan juta untuk sebulannya.

Dengan nominal melimpah dan keberhasilan tiap-tiap pemain ulung tersebut, banyak orang tertarik dan berjuang untuk menciptakan kemauan ini. Meskipun, di industri e-sport sendiri, banyak tipe profesi lainnya yang bisa Anda ambil. 

Kesempatan Karir di E-sport

Profesi di Dunia e-sport
Profesi di Dunia e-sport

Banyak profesi yang kamu pilih dalam dunia olahraga daring. Masing-masing memiliki tugas dan gajinya sendiri. Untuk mempermudah pemahaman kepada pembaca, berikut ini ulasan simpelnya. Sebagai catatan, daftar di bawah dibentuk berdasarkan struktur normal yang ada di masing-masing tim gamer ulung.

1. Pemilik Tim

Dalam struktur profesi industri e-sport, pemilik berada di posisi paling tinggi dan memegang beraneka hal penting demi kemajuan tim itu. Sebab itu, tiap-tiap pemilik umumnya mempunyai gaji lumayan melimpah. Di Eropa sana, penghasilan untuk profesi ini berkisar €5000-10.000 per bulan.

Penghasilan pemilik memang besar, melainkan itu berimbang dengan tanggung jawab yang diatur. Contohnya yaitu seorang pemilik menentukan arah tim buat sekian tahun berikutnya. Pada sisi lain, ia wajib mempunyai kemampuan memotivasi seluruh anggota tim supaya termotivasi.

Untuk memperluas kemungkinan regu menjuarai suatu ajang, pemilik juga berperan aktif dalam pencarian bakat pemain. Di samping itu, pemilik berfungsi sebagai sosok yang memfasilitasi pemain jika sedang di turnamen.

Dengan berbagai tugas di atas, seorang pemilik sepatutnya punya jiwa kepemimpinan tinggi. Harus menjadi sosok yang bijak di antara pemain. Hal ini untuk mencegah tim mengalami perpecahan antar member yang dapat menurunkan daya kerja secara keseluruhan.

2. Pemain 

Pemain berada di urutan kedua dalam struktur profesi industri e-sport. Sebagaimana namanya, tugas dari seorang pemain yaitu bermain game sebaik mungkin. 

Tetapi, bermain game tidak bisa sembarangan. Ada beberapa teknik yang seorang pemain perlu mengerti. Teknik itu kemudian akan diajarkan oleh pelatih. Seorang pemain perlu memakai teknik ke dalam permainan, baik dengan latihan dan lain-lain.

Selain memahami teknik permainan, pemain mesti patuh kepada perintah dari pelatih. Gunanya, agar tim berhasil dan menjuarai kompetisi tertentu.

Tentang gaji, pemain e-sport Indonesia menerima upah dengan nominal yang lumayan. Pastinya cukup untuk memenuhi keperluan sehari-hari misalnya makan atau minum. Kalau pemain berharap membeli aset contohnya motor, mereka bisa membelinya secara seketika.

3. Pelatih

Tugas pelatih tim e-sport mirip seperti di olahraga lain, yakni memberikan instruksi terhadap pemain dalam pertandingan yang sedang berlangsung. 

Di samping itu, pelatih juga wajib bisa menelaah pola permainan lawan serta mendeteksi apa saja kelemahan musuh. Hal ini bermaksud supaya regu mampu memenangkan kompetisi dengan lebih gampang.

Sebelum pertandingan diawali, seorang pelatih mesti menyusun strategi ampuh dalam menaklukkan lawan. Pastinya, pembentukan taktik ini tidak dapat dikerjakan secara asal-asalan. Perlu suatu analisa yang kuat dari setiap turnamen.

Syarat menjadi pelatih di bidang ini? Ada banyak lowongan kerja e-sport di luar sana. Masing-masing lowongan pastinya memiliki prasyarat tersendiri. Syarat lazim yakni mahir dalam melatih suatu tim dan menjuarai satu pertandingan.

4. Agen

Agen memiliki pengaruh penting dalam meningkatkan reputasi tim ke pasar domestik maupun dunia. 

Pengaruh lain dari profesi ini ialah menawarkan dan mempromosikan pemain olahraga online terhadap tim-tim yang sedang membutuhkannya. Serupa seperti agen pemain yang terdapat di industri sepak bola.

Dengan demikian, agen pengaruhnya sangat penting dalam tim. Oleh karena itu, tidak sedikit tim yang membuka lowongan kerja e-sport sebagai agen. Pastinya dengan beragam prasyarat yang mesti dipenuhi.

5. Komentator

Untuk memberikan warna kepada permainan, tiap-tiap turnamen pasti menyewa seorang komentator. Seperti namanya, peran profesi ini ialah mengomentari tiap-tiap aksi pemain dalam pertandingan olahraga daring.

Pada sisi lain, komentator pun bertugas untuk memandu jalannya pertandingan agar lebih ramai. Sehingga masyarakat berminat menyaksikan turnamen hingga selesai.

Sama seperti di sepak bola, siapa saja yang menjadi komentator olahraga elektronik wajib membawakan acara dengan heboh. Harus banyak berbicara meski Gunanya meningkatkan ketegangan ketika pertandingan berlangsung.

Tak heran, salah satu pekerjaan di dunia e-sport ini diberikan upah mulai dari Rp10 juta per bulan.

6. Wasit

Untuk mencegah para peserta bertingkah merugikan, penyelenggara turnamen membuat beberapa aturan. Sifatnya wajib dipatuhi oleh siapa pun, termasuk pemilik regu.

Sebab adanya hukum, sudah pasti perlu ada satu orang yang berperan sebagai wasit. Bertugas juga dalam memberi sanksi pemain jikalau melakukan kekeliruan fatal. Tentu, sesuai kesepakatan yang diciptakan sebelumnya.

7. Jurnalis

Apabila Anda gagal menjadi pemain profesional, tetapi mau berkecimpung di sektor olahraga elektronik, carilah lowongan jurnalis atau penulis artikel, yaitu salah satu profesi di bidang e-sport. 

Mengenai gaji, tentunya tak kalah dengan pemain profesional. Berdasarkan penyelidikan Penulis, kurang-lebih jurnalis permainan diberi pendapatan setara standar minimum Jakarta, itu pun buat pemula.

Lantas, apa saja tugas dari jurnalis ini? Singkatnya, yakni mencatat setiap peristiwa saat kompetisi e-sport sedang berlangsung, mulai dari kesalahan pemain sampai kata-kata dari pelatih mengenai turnamen.

Sekiranya perlu, jurnalis bisa mengutip ungkapan dari komentator sebagai cara memperkuat artikel. Usahakan, sertakan detail lokasi di mana pertanyaan tersebut jurnalis lontarkan ke narasumber. Tujuannya, yaitu memudahkan pembaca dalam mengerti teks.

8. Tenaga Produksi

Ada satu fakta menarik berprofesi di dunia e-sport. Tentunya mencengangkan dan kamu mungkin baru tahu. Fakta tersebut yakni pemain patuh kepada regu produksi saat membuat suatu konten.

Mengapa mesti semacam itu? Karena, agar konten terlihat memukau di mata audiens. Ujung-ujungnya, uang yang Anda terima cukup melimpah.

Memang, sebuah tim e-sport memperoleh gaji dari streaming tiap pemainnya. Oleh sebab itu, para pemain dikasih fasilitas berupa perlengkapan. Gunanya, untuk meningkatkan jumlah penonton. Regu umumnya menentukan anggota tim produksi yang punya andil terhadap konten pemain.

9. Social Media Manager

Bagi tim yang sukses terus dalam pertandingan e-sport pasti mempunyai penggemar. Tak sedikit yang jumlahnya melimpah.

Demi mendekatkan diri dengan para fans, regu e-sport menyewa manajer sosial media dengan tugas memberikan kabar terkait regu dan mengerjakan promosi terhadap orang lain supaya pendapatan meningkat.

10. Keuangan

Dalam rangka mengatur keuangan, regu olahraga elektronik pasti memiliki badan finansialnya masing-masing.  Biasanya ditempati oleh orang-orang dengan tingkat edukasi tinggi, paling tidak gelar sarjana di tangan.

Selain itu, eksistensi advokat di sektor esport juga sungguh-sungguh diperlukan. Gunanya agar menolong tim saat menghadapi kendala hukum yang sifatnya mencoreng nama baik ataupun kasus-kasus sejenis.